Jumat, 29 Mei 2015

Ciri Isim : Ma'rifah - Nakirah

Bismillah....
Seperti yang telah lalu Belajar Bhs Arab Untuk Pemula sampaikan, materi dari Buku Durusul Lughah Al-Arabbiyah I karya Dr V Abdurrahim ini akan belajar isim terlebih dahulu. Ciri Isim pertama adalah Ma'rifah - Nakirah. Perhatikan.

Apa bahasa Arabnya rumah? Bayt! بَيْت. Akan tetapi, kadang kita akan menjumpai bentuk البَيْت. Kenapa kok bisa ada Al-nya?
بَيْت lebih tepatnya بَيْتٌ ini dinamakan (Isim dalam bentuk) Nakiroh. Apa itu? yaitu menunjukkan bahwa bendanya masih umum, tidak tertentu. Ketika kita berkata بَيْتٌ yang berarti 'Sebuah rumah' ini memiliki arti rumah tersebut bukan rumah tertentu, tapi bisa rumah siapa saja. Dalam Bhs Inggris biasanya diartikan 'a house', bentuk ini disebut Indefinite.
Sedangkan البَيْت lebih tepatnya البَيْتُ ini dinamakan (Isim dalam bentuk) Ma'rifah. Kebalikannya Nakirah, Ma'rifah menunjukkan bahwa bendanya tertentu, tidak umum, lebih spesifik ke "salah satu" dari teman2nya. Dalam Bhs Inggris biasanya diartikan 'The house', bentuk ini disebut Definite.
Masih bingung? Misalkan kita berbicara 'seekor kucing masuk rumah', maka kita dan yang diajak bicara tidak tahu kucing yang mana yang masuk rumah. Apakah kucing hitam atau coklat? Apakah kucing kurus atau gemuk? Kita tidak tahu. Pokoknya, ada kucing yang masuk rumah. Sedangkan jika kita katakan "Kucing (itu)/(ingg:The Cat) masuk rumah" otomatis yang diajak bicara tahu kucing mana. Soalnya kan ada "itu"nya. hehe..

Setelah tahu apa itu Nakiroh dan apa itu Ma'rifah, ada yang tahu perbedaannya?
Nakiroh: JELAS tidak berawalan al (ال), dan diakhiri TANWIN.  bisa fathah tanwin, dhommah tanwin, ataupun kasroh tanwin. yang jelas diakhiri tanwin. Contohnya : بَيْتٌ
Ma'rifah: Diawali Al dan TIDAK diakhiri tanwin. Contoh : البَيْتُ

Lantas... Apakah ada dalam bahasa arab isim yang diawali Al sekaligus diawali tanwin? TIDAK ADA!!! Jadi jika teman2 nulis arab diawali Al, pastikan diakhirnya tidak bertanwin. Begitu pula sebaliknya.

Bagaimana dengan yang tidak berawalan Al sekaligus berakhiran tanwin? Ada, tapi bukan sekarang. Ini dasarnya dulu, setelah dasarnya kokoh, kita akan perdalam lagi "aturan2 baru".

Catatan:
مُحَمَّدٌ apakah ia ma'rifah atau nakirah? Tidak berawal Al tapi berakhiran tanwin. NAKIROH?? tidak!!
مُحَمَّدٌ adalah Ma'rifah. Semua nama orang adalah Ma'rifah, dan memang tidak memakai Al tapi berakhiran tanwin. Insyaallah ke depan akan dibahas lebih lanjut..


Berikut Ikhtisar materi kita kali ini:


Alhamdulillah sementara cukup materinya, semoga bisa dipahami dengan baik.
Dan perlu kami ingatkan, pembaca yang baik adalah yang komen :)
Sedangkan pembelajar yang baik adalah yang bertanya dan mengajarkan kepada orang lain. Keep SHARE!!

11 komentar: